Kuliah Ekonomika Publik 1 Social Welfare

Sosial welfare adalah fungsi dari utilitas individual,

Sosial welfare = f (U1, U2, U3.....Un)

utilitas individu adalah fungsi dari barang dan jasa individu

U1 = f1(X.Y) di mana ada kendala anggaran waktu dan tempat

menarik untuk membaca tulisan Michael Sandel Justice: What's the right thing to do? 

Sandel membahas serangkaian teori keadilan alternatif. Utilitarianisme Jeremy Bentham diuraikan dan dikritik dan kemudian penyempurnaan John Stuart Mill dibahas. Kaum libertarian, terutama Robert Nozick, dan argumen mereka dibahas. Kemudian Sandel membahas Immanuel Kant dan 'imperatif kategorisnya'. Diskusi kemudian berlanjut ke karya John Rawls. Kemudian Aristoteles dan konsep 'telos' dibahas. Di sinilah Sandel mulai menjelaskan perspektifnya sendiri. Dia berpendapat bahwa keadilan, bukan otonom (seperti yang mungkin dilakukan Kantians atau Rawlsians), memiliki tujuan. Bentuk komunitarianisme. Sandel mengutip Alasdair MacIntyre dan karakterisasi manusia sebagai 'makhluk mendongeng' yang menjalani hidup mereka dengan pencarian naratif.

Teori utilitarianism Jeremy Bentham banyak dianut yaitu the greatest good for the greatest number. Penilaian baik-buruk, adil atau tidaknya suatu kebijakan ini sangat tergantung pada tambahan biaya dan tambahan manfaat besar mana. melihat hasil akhir.

Dilema pengenaan pajak / kebijakan publik selalu menghadapi yang mendapat manfaat dan yang dikorbankan

Immanuel khan : proses dari kebijakan juga penting dalam hal ini benar dan salah


Rawlsian : siapa yang paling miskin itu yang kesejahtraannya ditingkatkan

Market ekuilibrium
merupakan titik ekuilibrium maksimum karena sosial welfare maksimum. Sosial welfare dilihat dari surplus konsumen dan surplus produsen yang maksimum di titik ekuilibrium. Menggunakan analisis marginal benefit dan marginal cost untuk titik sebelum atau sesudah ekuilibrium

Comments

Popular posts from this blog

Median Voter Model

Political Economy - Rosen

Teorema Koase-Rosen